Tugas 3 Pemanfaatan Komunikasi Bisnis Dalam TI
Pemanfaatan
komunikasi bisnis untuk kepentingan bisnis
Teknologi informasi dan
komunikasi dapat dimanfaatkan oleh perseorangan maupun kelompok ( organisasi,
perusahaan, dan lembaga ) secara luas. kemajuan
teknologi komputer dan komunikasi melahirkan sebuah jaringan komputer dunia
(global) atau biasa disebut internet (internet working). dengan komputer dan
internet, kamu dapat melakukan komunikasi data berupa teks, gambar, video,dan
suara. komunikasi dalam bentuk teks dapat dilakukan melalui fasilitas emai dan
chatting. kamu juga dapat melakukan komunikasi teeconference (rapat jarak jauh
melalui suara), komunikasi video conference yang memungkinkanmu dapat berbicara
sekaligus bertatap muka dengan lawan bicara, dan komunikasi telepon murah
melalui teknologi VOIP ( Voice Over Internet Protocol ). melalui internet kamu
dapat memperoleh berbagai macam informasi yang kamu butuhkan. seperti berita
dari berbagai media, buku-buku perpustakaan (e-library), belanja secara online,
mendengarkan musik dan radio, menonton televisi, bermain games, pemesanan kamar
hotel dan tiket pesawat. hampir semua segala macam kebutuhan tersedia diinternet.
Dari informasi diatas
maka saya akan mencoba untuk membuat analisis tentang promosi penjualan yang
dilakukan oleh BukaLapak.
ANALISIS
BukaLapak
adalah situs belanja daring yang menawarkan berbagai macam jenis produk, menyediakan sarana
penjualan dari konsumen-ke-konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka toko
daring untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan
ataupun dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli
dan menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti sepeda, ponsel,
perlengkapan bayi, gawai (gadget), aksesori gawai, komputer, sabak (tablet),
perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain.. Dengan adanya aplikasi
belanja online (BukaLapak) ini pastinya memudahkan para konsumennya untuk
membeli dan melaui situs jual beli ini pengusaha dapat menjangkau target market
yang jauh lebih luas dengan biaya yang lebih murah.
Strategi
yang dilakukan oleh BukaLapak ini antara lain seperti:
Kekuatan
(Strength) : BukaLapak memiliki beraneka
ragam jenis produk yang dijual, serta harga yang ditawarkan juga cukup menggiurkan
dengan adanya diskon dan paketan serta BukaLapak memiliki interface yang jelas
dengan banyaknya tutorial penggunaan BukaLapak sehingga pembeli dapat dengan
mudah mengerti dan tampilan yang menarik membuat pengunjung tidak merasa bosan
berlama-lama mengakses BukaLapak dan aplikasi ini juga memudahkan penjual dan
pembeli untuk saling berinteraksi. Serta sistem keamanan yang baik bagi penjual
dan pembeli dalam berinteraksi secara online karena BukaLapak memiliki payment
system dimana penjual dan pembeli dapat berinteraksi dengan aman, lancar dan
bebas penipuan. BukaLapak juga menyediakan tempat bagi penjual dan pembeli
untuk saling bertukar informasi dalam suatu komunitas, dan kelebihan lainnya
terdapat pada iklan yang di tayangkan di televisi yang cukup menarik perhatian
sehingga banyak orang yang tertarik akan produk yang dijual oleh BukaLapak.
seperti pada link berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=kUJXh1o7jAQ
Kelemahan
(Weaknesses) : BukaLapak belum
menyediakan tempat untuk penjualan jasa karena BukaLapak hanya menyediakan
tempat bagi penjual yang ingin menjual barang.
Peluang
(Opportunity) : BukaLapak memiliki
peluang untuk memperluas pangsa pasarnya dengan adanya teknologi yang semakin
maju dan konsep yang inovatif dan kreatif usaha ini memiliki kesempatan besar untuk
menguasai pasar dengan menyasarkan pada para seniman yang ingin menjual
karyanya melalui internet dan menyasar UKM yang menjual souvenir dan lain-lain
diseluruh daerah indonesia bahkan sampai ke daerah pelosok yang susah dijangkau
agar para pelanggan tidak perlu datang ke daerah tersebut untuk bisa
membelinya, apalagi saat ini daya beli masyarakat untuk membeli produk online
sudah cukup tinggi.
Ancaman
(Threats) : banyaknya pesaing yang sama-sama
berada pada bidang e-commerce, Teknologi yang terus berkembang sehingga harus terus berusaha untuk mempelajari teknologi yang baru serta harga yang ditawarkan pesaing juga cukup
variatif.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar