Tugas 3 Pemanfaatan Komunikasi Bisnis Dalam TI

Pemanfaatan komunikasi bisnis untuk kepentingan bisnis

Teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan oleh perseorangan maupun kelompok ( organisasi, perusahaan, dan lembaga ) secara luas.  kemajuan teknologi komputer dan komunikasi melahirkan sebuah jaringan komputer dunia (global) atau biasa disebut internet (internet working). dengan komputer dan internet, kamu dapat melakukan komunikasi data berupa teks, gambar, video,dan suara. komunikasi dalam bentuk teks dapat dilakukan melalui fasilitas emai dan chatting. kamu juga dapat melakukan komunikasi teeconference (rapat jarak jauh melalui suara), komunikasi video conference yang memungkinkanmu dapat berbicara sekaligus bertatap muka dengan lawan bicara, dan komunikasi telepon murah melalui teknologi VOIP ( Voice Over Internet Protocol ). melalui internet kamu dapat memperoleh berbagai macam informasi yang kamu butuhkan. seperti berita dari berbagai media, buku-buku perpustakaan (e-library), belanja secara online, mendengarkan musik dan radio, menonton televisi, bermain games, pemesanan kamar hotel dan tiket pesawat. hampir semua segala macam kebutuhan tersedia diinternet.
Dari informasi diatas maka saya akan mencoba untuk membuat analisis tentang promosi penjualan yang dilakukan oleh BukaLapak.

ANALISIS

BukaLapak adalah situs belanja daring yang menawarkan berbagai macam jenis produk, menyediakan sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka toko daring untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti sepeda, ponsel, perlengkapan bayi, gawai (gadget), aksesori gawai, komputer, sabak (tablet), perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain.. Dengan adanya aplikasi belanja online (BukaLapak) ini pastinya memudahkan para konsumennya untuk membeli dan melaui situs jual beli ini pengusaha dapat menjangkau target market yang jauh lebih luas dengan biaya yang lebih murah.

Strategi yang dilakukan oleh BukaLapak ini antara lain seperti:
Kekuatan (Strength) : BukaLapak memiliki beraneka ragam jenis produk yang dijual, serta harga yang ditawarkan juga cukup menggiurkan dengan adanya diskon dan paketan serta BukaLapak memiliki interface yang jelas dengan banyaknya tutorial penggunaan BukaLapak sehingga pembeli dapat dengan mudah mengerti dan tampilan yang menarik membuat pengunjung tidak merasa bosan berlama-lama mengakses BukaLapak dan aplikasi ini juga memudahkan penjual dan pembeli untuk saling berinteraksi. Serta sistem keamanan yang baik bagi penjual dan pembeli dalam berinteraksi secara online karena BukaLapak memiliki payment system dimana penjual dan pembeli dapat berinteraksi dengan aman, lancar dan bebas penipuan. BukaLapak juga menyediakan tempat bagi penjual dan pembeli untuk saling bertukar informasi dalam suatu komunitas, dan kelebihan lainnya terdapat pada iklan yang di tayangkan di televisi yang cukup menarik perhatian sehingga banyak orang yang tertarik akan produk yang dijual oleh BukaLapak. seperti pada link berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=kUJXh1o7jAQ
Kelemahan (Weaknesses) : BukaLapak belum menyediakan tempat untuk penjualan jasa karena BukaLapak hanya menyediakan tempat bagi penjual yang ingin menjual barang.
Peluang (Opportunity) : BukaLapak memiliki peluang untuk memperluas pangsa pasarnya dengan adanya teknologi yang semakin maju dan konsep yang inovatif dan kreatif usaha ini memiliki kesempatan besar untuk menguasai pasar dengan menyasarkan pada para seniman yang ingin menjual karyanya melalui internet dan menyasar UKM yang menjual souvenir dan lain-lain diseluruh daerah indonesia bahkan sampai ke daerah pelosok yang susah dijangkau agar para pelanggan tidak perlu datang ke daerah tersebut untuk bisa membelinya, apalagi saat ini daya beli masyarakat untuk membeli produk online sudah cukup tinggi.
Ancaman (Threats) : banyaknya pesaing yang sama-sama berada pada bidang e-commerce, Teknologi yang terus berkembang sehingga harus terus berusaha untuk mempelajari teknologi yang baru serta harga yang ditawarkan pesaing juga cukup variatif.

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN EKONOMI KOPERASI DI INDONESIA

tugas etika bisnis "analisis sektor perdagangan,perhotelan,dan restoran dengan pelanggaran etika bisnis

Penilaian Tentang Mata Kuliah Etika Bisnis