Tugas 2 komunikasi persuasif

Iklan layanan masyarakat tentang penyakit kaki gajah (Filariasis)

Salah satu iklan layanan adalah Dari iklan layanan yang ditayangkan di tv, dan saya lihat juga dari youtube mengenai pencegahan penyakit kaki gajah tersebut maka disini saya akan menganalisisnya sebagai berikut :

ANALISIS
Ada beberapa hal menarik tentang iklan layanan televisi dengan tema cegah kaki gajah yang makin besar frekuensi penayangannya seminggu lebih menjelang bulan oktober ini di berbagai stasiun tv terutama saat prime time dan slot waktu lain dimana pemirsa masih menyisakan perhatiannya sambil mengerjakan hal lain. Dalam hal ini iklan layanan penyakit kaki gajah ini menggunakan strategi seasonal marketing dalam kata lain iklan ini memanfaatkan musim tertentu, dimana pada bulan oktober pemerintah mengimbau untuk menyelenggarakan pencegahan penyakit kaki gajah.
Saat ini sudah banyak penyakit yang beredar yang membahayakan nyawa seseorang yang salah satunya adalah penyakit kaki gajah.
Filariasis, atau yang lebih dikenal dengan kaki gajah, adalah penyakit parasit yang disebabkan oleh cacing gelang. Cacing yang seperti benang hidup pada sistem limfatik (kelenjar getah bening) manusia, mempengaruhi sistem imun tubuh dan menyebabkan infeksi. Kaki gajah dapat memberikan akibat jangka panjang. Anda dapat mengalami nyeri atau pembengkakan bagian tubuh pada waktu yang lama, serta kehilangan kemampuan seksual.
Upaya pemberantasan filariasis tidak bisa dilakukan oleh pemerintah semata. Masyarakat juga harus ikut memberantas penyakit ini secara aktif. Dengan mengetahui mekanisme penyebaran filariasis dan upaya pencegahan, pengobatan serta rehabilitasinya.
Ada Hal menarik pada iklan layanan ini yaitu iklan layanan ini dibuat dalam bentuk tarian dan nyanyian bersama-sama. kehadiran iklan layanan ini yang secara konsisten hadir menyambut datangnya bulan oktober dimana pada bulan ini serentak untuk melaksanakan pencegahan kaki gajah diposyandu atau puskesmas terdekat. Pesan yang disampaikan tidak berat, namun pesan visual dengan ciri konteks KemenKes RI bersama nickta gina sebagai dokter yang mengajak seluruh masyarakat untuk datang ke pos pengobatan terdekat untuk minum obat kaki gajah secara bersama-sama. Dengan kreatif penegasan pesan visual melalui setting tempat, kostum dan dandanan yang kental dengan sosial kemasyarakatan.
Melihat momentumnya yang tepat (dipersepsikan dengan baik oleh konsumen) erat hubungannya momentum bulan oktober sebagai bulan untuk pengobatan rutin kaki gajah setiap tahunnya selama 5 tahun berturut-turut, tentu potensi mengelola efek viral dalam bentuk program aktivasi dan kampanye marketing lainnya akan sangat efektif dilakukan dengan peran serta dari tim marketing.
Disini saya akan mencoba memilah-milah hal-hal positif apa saja yang dapat diambil sebagai pelajaran dari kesuksesan iklan layanan ini, dalam beberapa poin berikut:
1)      Konsistensi
Dalam analisa yang saya lakukan melalui iklan di tv dan Youtube iklan layanan penyakit kaki gajah ini. Pemerintah menghimbau untuk mencegah penyakit kaki gajah ini sudah dilakukan selama kurang lebih 3 tahun yang lalu (2015,2016 dan 2017) setiap bulan oktober. Konsistensi yang dimaksud adalah iklan yang menayangkan untuk menyambut bulan oktober untuk pencegahan penyakit kaki gajah.
2)      Penyampaian pesan dan target marketnya
Dengan durasi sekitar selama 30 detik, komunikasi efektif adalah kunci. Mulai dari kepada siapa (target market) iklan itu kita komunikasikan serta bagaimana konteksnya (waktu/momentum berikut caranya). Cara berkomunikasi dalam iklan layanan pencegahan kaki gajah ini berdurasi kurang lebih 30 detik dengan strategi yang direncanakan dengan tepat (relevansinya) lewat tampilan visual (setting tempat, kostum, dandanan karakter/persepsi talent sesuai dengan tema), efek audio membuat otak rileks (siap) menerima pesan serta komunikasi verbal yang dapat dengan mudah dicerna atau dimengerti.
Untuk menarik konsumen dalam iklan layanan pencegahan kaki gajah ini juga menggunakan kalimat perintah atau ajakan dalam tayangannya seperti " ayo-ayo ke pos obat,  minum obat cegah kaki gajah, ingat-ingat "
Selain itu juga iklan layanan ini ditujukan untuk semua kalangan (dengan kata lain, iklan ini ditujukan untuk smua keluarga, semua masyarakat) untuk bersama sama mencegah terjadinya kaki gajah.

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN EKONOMI KOPERASI DI INDONESIA

tugas etika bisnis "analisis sektor perdagangan,perhotelan,dan restoran dengan pelanggaran etika bisnis

Penilaian Tentang Mata Kuliah Etika Bisnis