Tugas 2 komunikasi persuasif
Iklan layanan
masyarakat tentang penyakit kaki gajah (Filariasis)
Salah
satu iklan layanan adalah Dari iklan layanan yang ditayangkan di tv, dan saya lihat
juga dari youtube mengenai pencegahan penyakit
kaki gajah tersebut maka disini saya akan menganalisisnya sebagai berikut :
ANALISIS
Ada
beberapa hal menarik tentang iklan layanan televisi dengan tema cegah kaki
gajah yang makin besar frekuensi penayangannya seminggu lebih menjelang bulan oktober
ini di berbagai stasiun tv terutama saat prime time dan slot waktu lain dimana
pemirsa masih menyisakan perhatiannya sambil mengerjakan hal lain. Dalam hal
ini iklan layanan penyakit kaki gajah ini menggunakan strategi seasonal
marketing dalam kata lain iklan ini memanfaatkan musim tertentu, dimana pada bulan
oktober pemerintah mengimbau untuk menyelenggarakan pencegahan penyakit kaki gajah.
Saat
ini sudah banyak penyakit yang beredar yang membahayakan nyawa seseorang yang
salah satunya adalah penyakit kaki gajah.
Filariasis,
atau yang lebih dikenal dengan kaki gajah, adalah penyakit parasit yang
disebabkan oleh cacing gelang. Cacing yang seperti benang hidup pada sistem
limfatik (kelenjar getah bening) manusia, mempengaruhi sistem imun tubuh dan
menyebabkan infeksi. Kaki gajah dapat memberikan akibat jangka panjang. Anda dapat
mengalami nyeri atau pembengkakan bagian tubuh pada waktu yang lama, serta
kehilangan kemampuan seksual.
Upaya
pemberantasan filariasis tidak bisa dilakukan oleh pemerintah semata.
Masyarakat juga harus ikut memberantas penyakit ini secara aktif. Dengan
mengetahui mekanisme penyebaran filariasis dan upaya pencegahan, pengobatan
serta rehabilitasinya.
Ada
Hal menarik pada iklan layanan ini yaitu iklan layanan ini dibuat dalam bentuk
tarian dan nyanyian bersama-sama. kehadiran iklan layanan ini yang secara
konsisten hadir menyambut datangnya bulan oktober dimana pada bulan ini
serentak untuk melaksanakan pencegahan kaki gajah diposyandu atau puskesmas terdekat.
Pesan yang disampaikan tidak berat, namun pesan visual dengan ciri konteks KemenKes
RI bersama nickta gina sebagai dokter yang mengajak seluruh masyarakat untuk
datang ke pos pengobatan terdekat untuk minum obat kaki gajah secara
bersama-sama. Dengan kreatif penegasan pesan visual melalui setting tempat,
kostum dan dandanan yang kental dengan sosial kemasyarakatan.
Melihat
momentumnya yang tepat (dipersepsikan dengan baik oleh konsumen) erat
hubungannya momentum bulan oktober sebagai bulan untuk pengobatan rutin kaki
gajah setiap tahunnya selama 5 tahun berturut-turut, tentu potensi mengelola
efek viral dalam bentuk program aktivasi dan kampanye marketing lainnya akan
sangat efektif dilakukan dengan peran serta dari tim marketing.
Disini
saya akan mencoba memilah-milah hal-hal positif apa saja yang dapat diambil
sebagai pelajaran dari kesuksesan iklan layanan ini, dalam beberapa poin
berikut:
1) Konsistensi
Dalam
analisa yang saya lakukan melalui iklan di tv dan Youtube iklan layanan penyakit
kaki gajah ini. Pemerintah menghimbau untuk mencegah penyakit kaki gajah ini sudah
dilakukan selama kurang lebih 3 tahun yang lalu (2015,2016 dan 2017) setiap
bulan oktober. Konsistensi yang dimaksud adalah iklan yang menayangkan untuk
menyambut bulan oktober untuk pencegahan penyakit kaki gajah.
2) Penyampaian pesan dan target marketnya
Dengan
durasi sekitar selama 30 detik, komunikasi efektif adalah kunci. Mulai dari
kepada siapa (target market) iklan itu kita komunikasikan serta bagaimana
konteksnya (waktu/momentum berikut caranya). Cara berkomunikasi dalam iklan layanan
pencegahan kaki gajah ini berdurasi kurang lebih 30 detik dengan strategi yang
direncanakan dengan tepat (relevansinya) lewat tampilan visual (setting tempat,
kostum, dandanan karakter/persepsi talent sesuai dengan tema), efek audio
membuat otak rileks (siap) menerima pesan serta komunikasi verbal yang dapat
dengan mudah dicerna atau dimengerti.
Untuk
menarik konsumen dalam iklan layanan pencegahan kaki gajah ini juga menggunakan
kalimat perintah atau ajakan dalam tayangannya seperti " ayo-ayo ke pos
obat, minum obat cegah kaki gajah,
ingat-ingat "
Selain
itu juga iklan layanan ini ditujukan untuk semua kalangan (dengan kata lain, iklan
ini ditujukan untuk smua keluarga, semua masyarakat) untuk bersama sama
mencegah terjadinya kaki gajah.
Sumber
:
Komentar
Posting Komentar