TULISAN 1 KOMUNIKASI BISNIS
ARTIKEL
YANG BERKAITAN DENGAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF
Effective Communication
Skill : Kunci terpenting membangun hubungan bisnis.
EffectiveCommunication
atau komunikasi efektif akan membantu anda lebih memahami seseorang yang
memungkinkan anda menyelesaikan perbedaan, membangun kepercayaan dan rasa
hormat, serta menciptakan lingkungan kondusif dimana ide kreatif, pemecahan
masalah, kasih sayang, dan perhatian dapat berkembang dengan baik. banyak dari
apa yang kita coba komunikasikan kepada oranglain dan dari apa yang orang lain
coba komunikasikan kepada kita, jika disalah pahami dapat menyebabkan konflik
dalam hubungan pribadi dan profesional. dengan mempelajari keterampilan
komunikasi efektif, anda dapat terhubung dengan pasangan, anak, teman,dan rekan
kerja dengan baik.
Apakah sebetulnya
EffectiveCommunication?
di era informasi
seperti saat ini, kita mengirim, menerima, dan memproses sejumlah besar pesan
setiap hari. tapi komunikaasi efektif lebih dari sekedar bertukar informasi,
ini juga tentang memahami emosi dibalik informasi. komunikasi efektif dapat
memperbaiki hubungan dirumah, pekerjaan, dan dalam situasi sosial dengan
memperdalam hubungan anda dengan orang lain, dalam konteks pekerjaan dan
memperbaiki kerja tim, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah.
Komunikasi efektif juga
memungkinkan anda mengkomunikasikan sulit ( bahkan pesan negatif ) sekalipun
tanpa menimbulkan konflik atau menghancurkan kepercayaan. komunikasi efektif
menggabungkan seperangkat keterampilan termasuk komunikasi nonverbal,
mendengarkan penuh perhatian, kemampuan untuk mengola stres dan kapasitas untuk
mengenali dan memahami emosi anda sendiri dan perasaan orang yang anda ajak
berkomunikasi.
Terkait dengan hal itu,
terdapat 4 hal mendasar yang harus anda latih dan pelajari :
Effective
CommunicationSkill #1 : Mendengarkan.
Mendengarkan adalah
salah satu aspek terpenting dari komunikasi efektif. keberhasilan mendengar
berarti tidak hanya memahami kata-kata atau informasi yang disampaikan, tapi
juga memahami bagaimana perasaan pembicara tentang apa yang mereka
komunikasikan.
Tips untuk menjadi
pendengar yang baik antara lain :
Buatlah pembicara
merasa didengarkan dan dimengerti.
Ciptakan lingkungan
dimana setiap orang merasa aman untuk mengekspresikan gagasan, pendapat, dan
perasaan, atau rencana dan pemecahan masalah secara kreatif.
Hemat waktu dengan
membantu memperjelas informasi, menghindari konflik dan kesalahpahaman.
turunkan kadar emosi
negatif ketika emosi berjalan tinggi,jika pembicara merasa bahwa dia
benar-benar telah didengar, ia dapat membantu menenangkan mereka, menghilangkan
perasaan negatif,dan membiarkan pemahaman atau pemecahan masalah yang
sesungguhnya dimulai.
Effective
CommunicationSkills #2 : Komunikasi Nonverbal
Ketika kita
mengkomunikasikan hal-hal yang kita pedulikan, kita melakukannya terutama
dengan menggunakan sinyal non verbal. komunikasi tanpa kata, atau bahasa tubuh,
mencakup ekspresi wajah, gerakan tubuh dan kontak mata,postur,nada suara anda,
dan bahkan ketegangan otot dan pernapasan anda. Cara anda melihat, mendengar,
bergerak, dan bereaksi terhadap orang lain memberi tahu mereka lebih anyak
tentang perasaan anda dari pada kata-kata yang bisa dilakukan.
Mengembangkan kemampuan
untuk memahami dan menggunakan komunikasi nonverbal dapat membantu anda
terhubung dengan orang lain mengungkapkan apa yang sebenarnya anda maksudkan,
menavigasi situasi yang menantang, dan membangun hubungan yang lebih baik
dirumah dan tempat kerja.
Effective
CommunicationSkills #3 : Mengelola Stress
Dalam dosis besar,
stress dapat menghambat komunikasi yang efektif dengan mengacaukan kemampuan
anda untuk berfikir secara jernih, kreatif,dan bertindak dengan tepat. bila
anda stress, anda cenderung salah membaca orang lain. mengirim sinyal nonverbal
yang membingungkan atau tidak tepat, dan beralih kepola perilaku tungkai yang
tidak sehat.
Beberapa kali anda
merasa stress selama perselisihan dengan pasangan, anak-anak, atasan, teman,
atau rekan kerja anda dan kemudian anda sesali? hanya ketika anda berada dalam
keadaan tenang dan santai, anda akan dapat mengetahui apakah situasi memerlukan
respon, atau apakah sinyal orang lain mengindikasikan akan lebih baik untuk
diam.
Effective
CommunicationSkilsl #4 : Kesadaran Emosional
Emosi memainkan peran
penting dalam cara kita berkomunikasi dirumah dan bekerja. begitulah yang anda
rasakan, lebih dari cara berfikir anda, yang memotivasi anda untuk
berkomunikasi atau membuat keputusan. cara anda bereaksi terhadap emosi,
isyarat nonverbal mempengaruhi bagaimana anda memahami orang lain dan bagaimana
mereka memahami anda. jika anda tidak berhubungan dengan perasaan anda atau mengapa
anda merasa begitu, anda akan sulit mengkomunikasikan perasaan dan kebutuhan
anda kepada oranglain. hal ini bisa mengakibatkan frustasi, kesalahpahaman, dan
konflik.
Dapat dilihat dengan jelas pada website aslinya yaitu :
KESIMPULAN
Effective
Communication Skill : Kunci terpenting membangun hubungan bisnis.
Komunikasi yang efektif dapat digunakan untuk bisa
memahami maksud dari seseorang yang memungkinkan untuk menyelesaikan perbedaan, membangun
kepercayaan, serta menciptakan lingkungan yang kondusif dimana
ide kreatif, pemecahan masalah, kasih sayang, dan perhatian dapat berkembang
dengan baik.
Komunikasi efektif
dapat memperbaiki hubungan diberbagai lingkungan seperti : dirumah, pekerjaan,
dan dalam situasi sosial dengan
memperdalam hubungan anda dengan orang lain, dalam konteks pekerjaan dan
memperbaiki kerja tim, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah.
Terdapat 4 hal mendasar
yang harus anda latih dan pelajari yaitu seperti:
Effective CommunicationSkill ( Mendengarkan ) keberhasilan mendengarkan yang baik maka kita akan memahami kata-kata atau informasi yang telah disampaikan., Effective CommunicationSkills (Komunikasi Nonverbal) dimana kita melakukan komunikasi dengan menggunakan sinyal non verbal ( komunikasi tanpa kata, atau bahasa tubuh, mencakup ekspresi wajah, gerakan tubuh dan kontak mata,postur,nada suara anda, dan bahkan ketegangan otot dan pernapasan anda dll ). dari kegiatan itu maka akan membantu anda terhubung dengan orang lain untuk mengungkapkan apa yang sebenarnya anda maksudkan. Effective CommunicationSkills (Mengelola Stress) Stress dapat menghambat komunikasi yang efektif dengan mengacaukan kemampuan anda untuk berfikir secara jernih, kreatif,dan bertindak dengan tepat. dan bila anda stress, anda cenderung salah membaca maksud orang lain. maka dari itu mengelola stress juga merupakan aspek yang terpenting dalam komunikasi yang efektif. Effective CommunicationSkilsl (Kesadaran Emosional) Emosi memainkan peran penting dalam cara kita berkomunikasi, cara anda bereaksi terhadap emosi, isyarat nonverbal mempengaruhi bagaimana anda memahami orang lain dan bagaimana mereka memahami anda. jika emosi dikelola secara sadar maka akan membuat pendengar merasa mengerti dengan maksud anda, namun jika anda secara tidak sadar menggunakan emosi anda secara benar maka akan membuat anda kesulitan untuk memberi informasi kepada pendengar.
Effective CommunicationSkill ( Mendengarkan ) keberhasilan mendengarkan yang baik maka kita akan memahami kata-kata atau informasi yang telah disampaikan., Effective CommunicationSkills (Komunikasi Nonverbal) dimana kita melakukan komunikasi dengan menggunakan sinyal non verbal ( komunikasi tanpa kata, atau bahasa tubuh, mencakup ekspresi wajah, gerakan tubuh dan kontak mata,postur,nada suara anda, dan bahkan ketegangan otot dan pernapasan anda dll ). dari kegiatan itu maka akan membantu anda terhubung dengan orang lain untuk mengungkapkan apa yang sebenarnya anda maksudkan. Effective CommunicationSkills (Mengelola Stress) Stress dapat menghambat komunikasi yang efektif dengan mengacaukan kemampuan anda untuk berfikir secara jernih, kreatif,dan bertindak dengan tepat. dan bila anda stress, anda cenderung salah membaca maksud orang lain. maka dari itu mengelola stress juga merupakan aspek yang terpenting dalam komunikasi yang efektif. Effective CommunicationSkilsl (Kesadaran Emosional) Emosi memainkan peran penting dalam cara kita berkomunikasi, cara anda bereaksi terhadap emosi, isyarat nonverbal mempengaruhi bagaimana anda memahami orang lain dan bagaimana mereka memahami anda. jika emosi dikelola secara sadar maka akan membuat pendengar merasa mengerti dengan maksud anda, namun jika anda secara tidak sadar menggunakan emosi anda secara benar maka akan membuat anda kesulitan untuk memberi informasi kepada pendengar.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar