TULISAN 1 KOMUNIKASI BISNIS

ARTIKEL YANG BERKAITAN DENGAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF


Effective Communication Skill : Kunci terpenting membangun hubungan bisnis.
EffectiveCommunication atau komunikasi efektif akan membantu anda lebih memahami seseorang yang memungkinkan anda menyelesaikan perbedaan, membangun kepercayaan dan rasa hormat, serta menciptakan lingkungan kondusif dimana ide kreatif, pemecahan masalah, kasih sayang, dan perhatian dapat berkembang dengan baik. banyak dari apa yang kita coba komunikasikan kepada oranglain dan dari apa yang orang lain coba komunikasikan kepada kita, jika disalah pahami dapat menyebabkan konflik dalam hubungan pribadi dan profesional. dengan mempelajari keterampilan komunikasi efektif, anda dapat terhubung dengan pasangan, anak, teman,dan rekan kerja dengan baik.
Apakah sebetulnya EffectiveCommunication?
di era informasi seperti saat ini, kita mengirim, menerima, dan memproses sejumlah besar pesan setiap hari. tapi komunikaasi efektif lebih dari sekedar bertukar informasi, ini juga tentang memahami emosi dibalik informasi. komunikasi efektif dapat memperbaiki hubungan dirumah, pekerjaan, dan dalam situasi sosial dengan memperdalam hubungan anda dengan orang lain, dalam konteks pekerjaan dan memperbaiki kerja tim, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah.
Komunikasi efektif juga memungkinkan anda mengkomunikasikan sulit ( bahkan pesan negatif ) sekalipun tanpa menimbulkan konflik atau menghancurkan kepercayaan. komunikasi efektif menggabungkan seperangkat keterampilan termasuk komunikasi nonverbal, mendengarkan penuh perhatian, kemampuan untuk mengola stres dan kapasitas untuk mengenali dan memahami emosi anda sendiri dan perasaan orang yang anda ajak berkomunikasi.
Terkait dengan hal itu, terdapat 4 hal mendasar yang harus anda latih dan pelajari :
Effective CommunicationSkill #1 : Mendengarkan.
Mendengarkan adalah salah satu aspek terpenting dari komunikasi efektif. keberhasilan mendengar berarti tidak hanya memahami kata-kata atau informasi yang disampaikan, tapi juga memahami bagaimana perasaan pembicara tentang apa yang mereka komunikasikan.
Tips untuk menjadi pendengar yang baik antara lain :
Buatlah pembicara merasa didengarkan dan dimengerti.
Ciptakan lingkungan dimana setiap orang merasa aman untuk mengekspresikan gagasan, pendapat, dan perasaan, atau rencana dan pemecahan masalah secara kreatif.
Hemat waktu dengan membantu memperjelas informasi, menghindari konflik dan kesalahpahaman.
turunkan kadar emosi negatif ketika emosi berjalan tinggi,jika pembicara merasa bahwa dia benar-benar telah didengar, ia dapat membantu menenangkan mereka, menghilangkan perasaan negatif,dan membiarkan pemahaman atau pemecahan masalah yang sesungguhnya dimulai.
Effective CommunicationSkills #2 : Komunikasi Nonverbal
Ketika kita mengkomunikasikan hal-hal yang kita pedulikan, kita melakukannya terutama dengan menggunakan sinyal non verbal. komunikasi tanpa kata, atau bahasa tubuh, mencakup ekspresi wajah, gerakan tubuh dan kontak mata,postur,nada suara anda, dan bahkan ketegangan otot dan pernapasan anda. Cara anda melihat, mendengar, bergerak, dan bereaksi terhadap orang lain memberi tahu mereka lebih anyak tentang perasaan anda dari pada kata-kata yang bisa dilakukan.
Mengembangkan kemampuan untuk memahami dan menggunakan komunikasi nonverbal dapat membantu anda terhubung dengan orang lain mengungkapkan apa yang sebenarnya anda maksudkan, menavigasi situasi yang menantang, dan membangun hubungan yang lebih baik dirumah dan tempat kerja.
Effective CommunicationSkills #3 : Mengelola Stress
Dalam dosis besar, stress dapat menghambat komunikasi yang efektif dengan mengacaukan kemampuan anda untuk berfikir secara jernih, kreatif,dan bertindak dengan tepat. bila anda stress, anda cenderung salah membaca orang lain. mengirim sinyal nonverbal yang membingungkan atau tidak tepat, dan beralih kepola perilaku tungkai yang tidak sehat.
Beberapa kali anda merasa stress selama perselisihan dengan pasangan, anak-anak, atasan, teman, atau rekan kerja anda dan kemudian anda sesali? hanya ketika anda berada dalam keadaan tenang dan santai, anda akan dapat mengetahui apakah situasi memerlukan respon, atau apakah sinyal orang lain mengindikasikan akan lebih baik untuk diam.
Effective CommunicationSkilsl #4 : Kesadaran Emosional
Emosi memainkan peran penting dalam cara kita berkomunikasi dirumah dan bekerja. begitulah yang anda rasakan, lebih dari cara berfikir anda, yang memotivasi anda untuk berkomunikasi atau membuat keputusan. cara anda bereaksi terhadap emosi, isyarat nonverbal mempengaruhi bagaimana anda memahami orang lain dan bagaimana mereka memahami anda. jika anda tidak berhubungan dengan perasaan anda atau mengapa anda merasa begitu, anda akan sulit mengkomunikasikan perasaan dan kebutuhan anda kepada oranglain. hal ini bisa mengakibatkan frustasi, kesalahpahaman, dan konflik.

Dapat dilihat dengan jelas pada website aslinya yaitu :
http://maintrainingindonesia.com/artikel-detail-50547


KESIMPULAN

Effective Communication Skill : Kunci terpenting membangun hubungan bisnis.
Komunikasi  yang efektif dapat digunakan untuk bisa memahami maksud dari seseorang yang memungkinkan untuk menyelesaikan perbedaan, membangun kepercayaan, serta menciptakan lingkungan yang kondusif dimana ide kreatif, pemecahan masalah, kasih sayang, dan perhatian dapat berkembang dengan baik.
Komunikasi efektif dapat memperbaiki hubungan diberbagai lingkungan seperti : dirumah, pekerjaan, dan dalam  situasi sosial dengan memperdalam hubungan anda dengan orang lain, dalam konteks pekerjaan dan memperbaiki kerja tim, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah.

Terdapat 4 hal mendasar yang harus anda latih dan pelajari yaitu seperti:
Effective CommunicationSkill ( Mendengarkan keberhasilan mendengarkan yang baik maka kita akan memahami kata-kata atau informasi yang telah disampaikan., Effective CommunicationSkills (Komunikasi Nonverbal) dimana kita melakukan komunikasi dengan menggunakan sinyal non verbal ( komunikasi tanpa kata, atau bahasa tubuh, mencakup ekspresi wajah, gerakan tubuh dan kontak mata,postur,nada suara anda, dan bahkan ketegangan otot dan pernapasan anda dll ). dari kegiatan itu maka akan membantu anda terhubung dengan orang lain untuk mengungkapkan apa yang sebenarnya anda maksudkan. Effective CommunicationSkills (Mengelola Stress) Stress dapat menghambat komunikasi yang efektif dengan mengacaukan kemampuan anda untuk berfikir secara jernih, kreatif,dan bertindak dengan tepat. dan bila anda stress, anda cenderung salah membaca maksud orang lain. maka dari itu mengelola stress juga merupakan aspek yang terpenting dalam komunikasi yang efektif. Effective CommunicationSkilsl (Kesadaran Emosional) Emosi memainkan peran penting dalam cara kita berkomunikasi, cara anda bereaksi terhadap emosi, isyarat nonverbal mempengaruhi bagaimana anda memahami orang lain dan bagaimana mereka memahami anda. jika emosi dikelola secara sadar maka akan membuat pendengar merasa mengerti dengan maksud anda, namun jika anda secara tidak sadar  menggunakan emosi anda secara benar maka akan membuat anda kesulitan untuk memberi informasi kepada pendengar. 

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN EKONOMI KOPERASI DI INDONESIA

tugas etika bisnis "analisis sektor perdagangan,perhotelan,dan restoran dengan pelanggaran etika bisnis

Penilaian Tentang Mata Kuliah Etika Bisnis