TUGAS 1 KOMUNIKASI BISNIS
CONTOH
MACAM-MACAM KOMUNIKASI BISNIS
Pada dasarnya ada dua macam dasar komunikasi yang
lazim digunakan di dunia bisnis, yaitu komunikasi verbal dan non verbal.
masing-masing dijelaskan secara singkat sebagai berikut.
1. Komunikasi
Verbal ( Verbal Communication ) bentuk komunikasi yang lazim digunakan dalam dunia bisnis untuk menyampaikan
pesan-pesan bisnis kepada pihak lain baik secara tertulis ( written ) maupun
lisan ( oral ).
Dalam
dunia bisnis dapat dijumpai berbagai macam contoh komunikasi verbal, Misalnya:
Ø dialog
antara atasan dan bawahan
Ø memberi
perintah atau tugas kepada bawahan
Ø berpidato,
ceramah atau seminar
Ø memberi
teguran atau pujian secara langsung kepada karyawan
Ø membuat
dan mengirim surat pengantar barang ke suatu perusahaan
Ø membuat
dan mengirim surat teguran atau peringatan kepada nasabah yang menunggak
pembayarannya.
Ø membuat
dan mengirim surat penawaran barang kepada pihak lain
Ø membuat
dan mengirim surat konfirmasi barang kepada pelanggan
Ø membuat
dan mengirim surat pemesanan barang (order) kepada pihak lain
Ø membuat
dan mengirim surat pengaduan kepada pihak lain
Ø membuat
dan mengirim surat permintaan barang kepada pihak lain
Ø membuat
dan mengirim surat penolakan kerja
Ø membuat
dan mengirim surat penerimaan kerja
Ø membuat
dan mengirim surat kontrak kerja kepada pihak lain
Ø membuat
dan mengirim surat pemberitahuan ke media masa
Ø membuat
dan mengirim surat pengumuman ke media masa
Ø membuat
dan mengirim informasi lowongan kerja ke media masa
Ø membuat
dan mengirim surat ucapan terima kasih kepada mitra kerja bisnis suatu
perusahaan
Ø membuat
dan mengirim surat ucapan berduka cita/ belasungkawa kepada mitra kerja bisnis
suatu perusahaan
Ø membuat
dan mengirim surat penuntutan kepada mitra bisnis suatu perusahaan.
Ø membuat
dan mengirim surat edaran ke media masa
Ø memberi
informasi kepada pelanggan yang meminta informasi tentang produk baru
Ø berdiskusi
dalam suatu kerja tim ( team work )
Ø melakukan
wawancara kerja dengan para pelamar kerja disuatu perusahaan
Ø mengadakan
pengarahan ( briefing ) untuk staf karyawan dalam suatu perusahaan
Ø melakukan
negosiasi dengan pelaku bisnis lain
Ø mengadakan
pelatihan manajemen kepada para manajer operasional atau lini bawah
Ø melakukan
presentasi proposal tentang pengembangan perusahaan dihadapan tim penguji
Ø melakukan
konferensi jarak jauh melalui komputer ( teleconfrence) dengan perusahaan/pihak
lain
Ø melakukan
chatting dengan teman sejawat di internet
2. Komunikasi Nonverbal ( Non Verbal
Communication ) bentuk komunikasi
yang lazim digunakan dalam dunia bisnis untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis
kepada pihak lain dengan menggunakan gerakan-gerakan tubuh, bahasa isyarat
sebagai alat untuk berkomunikasinya.
berikut
ini adalah beberapa contoh perilaku yang menunjukkan komunikasi nonverbal
diantaranya adalah :
Ø menunjuk
dengan telunjuk untuk menunjukkan perintah akan sesuatu
Ø tangan
memegang kearah kepala menunjukan kepusingan
Ø teriakkan
histeris, mana kala seseorang sedang mengalami frustasi berat karena tidak
dapat menyelesaikan tugasnya tepat waktu
Ø seseorang
yang bernafas tidak teratur menunjukkan kelelahan
Ø menggeretakkan
gigi untuk menunjukkan kemarahan
Ø mengerutkan
dahi untuk menunjukkan sedang berfikir keras
Ø gambar
pria/wanita yang dipasang dipintu masuk toilet untuk menunjukkan kamar sesuai
dengan jenis kelamin
Ø berpangku
tangan untuk menunjukkan seseorang sedang melamun
Ø tersenyum
dan berjabat tangan dengan orang lain untuk mewujudkan rasa senang, simpati dan
penghormatan
Ø membuang
muka untuk menunjukkan sikap tidak senang atau antipati terhadap orang lain
Ø menggelengkan
kepala untuk menunjukkan sikap menolak atau keberanian
Ø menganggukkan
kepala untuk menunjukkan tanda setuju atau ok
Ø menutup
mulut dengan telapak tangan untuk menunjukkan suatu kebohongan
Ø tangan
mengepal untuk menunjukkan penuh percaya diri
Ø simbol
dilarang merokok yang terpasang diruang tamu untuk menunjukkan bahwa tamu
dilarang merokok.
Ø ekspresi
wajah yang memerah karena ingin meluapkan kemarahan
Ø mondar-mandir
tanpa tujuan yang pasti karena pikiran sedang kacau
Ø menutup
pintu, menggebrak meja dengan keras menunjukkan kekesalan
Ø ketika
berusaha memanggil temannya yang sedangasyik mengobrol disuatu tempat yang agak
jauh , seseorang dapat menggunakan isyarat seperti bertepuk tangan sambil
melambaikan tangan.
sumber :
purwanto, djoko.2006. Komunikasi Bisnis, Edisi Ketiga. Jakarta : PT.Erlangga
Komentar
Posting Komentar