TUGAS 1 KOMUNIKASI BISNIS


CONTOH MACAM-MACAM  KOMUNIKASI BISNIS

Pada dasarnya ada dua macam dasar komunikasi yang lazim digunakan di dunia bisnis, yaitu komunikasi verbal dan non verbal. masing-masing dijelaskan secara singkat sebagai berikut.

1. Komunikasi Verbal ( Verbal Communication ) bentuk komunikasi yang lazim digunakan dalam dunia bisnis untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain baik secara tertulis ( written ) maupun lisan ( oral ).

Dalam dunia bisnis dapat dijumpai berbagai macam contoh komunikasi verbal, Misalnya:
Ø  dialog antara atasan dan bawahan
Ø  memberi perintah atau tugas kepada bawahan
Ø  berpidato, ceramah atau seminar
Ø  memberi teguran atau pujian secara langsung kepada karyawan
Ø  membuat dan mengirim surat pengantar barang ke suatu perusahaan
Ø membuat dan mengirim surat teguran atau peringatan kepada nasabah yang menunggak pembayarannya.
Ø  membuat dan mengirim surat penawaran barang kepada pihak lain
Ø  membuat dan mengirim surat konfirmasi barang kepada pelanggan
Ø  membuat dan mengirim surat pemesanan barang (order) kepada pihak lain
Ø  membuat dan mengirim surat pengaduan kepada pihak lain
Ø  membuat dan mengirim surat permintaan barang kepada pihak lain
Ø  membuat dan mengirim surat penolakan kerja
Ø  membuat dan mengirim surat penerimaan kerja
Ø  membuat dan mengirim surat kontrak kerja kepada pihak lain
Ø  membuat dan mengirim surat pemberitahuan ke media masa
Ø  membuat dan mengirim surat pengumuman ke media masa
Ø  membuat dan mengirim informasi lowongan kerja ke media masa
Ø  membuat dan mengirim surat ucapan terima kasih kepada mitra kerja bisnis suatu perusahaan
Ø  membuat dan mengirim surat ucapan berduka cita/ belasungkawa kepada mitra kerja bisnis suatu perusahaan
Ø  membuat dan mengirim surat penuntutan kepada mitra bisnis suatu perusahaan.
Ø  membuat dan mengirim surat edaran ke media masa
Ø  memberi informasi kepada pelanggan yang meminta informasi tentang produk baru
Ø  berdiskusi dalam suatu kerja tim ( team work )
Ø  melakukan wawancara kerja dengan para pelamar kerja disuatu perusahaan
Ø  mengadakan pengarahan ( briefing ) untuk staf karyawan dalam suatu perusahaan
Ø  melakukan negosiasi dengan pelaku bisnis lain
Ø  mengadakan pelatihan manajemen kepada para manajer operasional atau lini bawah
Ø  melakukan presentasi proposal tentang pengembangan perusahaan dihadapan tim penguji
Ø  melakukan konferensi jarak jauh melalui komputer ( teleconfrence) dengan perusahaan/pihak lain
Ø  melakukan chatting dengan teman sejawat di internet
                                                                                        
2. Komunikasi Nonverbal ( Non Verbal Communication ) bentuk komunikasi yang lazim digunakan dalam dunia bisnis untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain dengan menggunakan gerakan-gerakan tubuh, bahasa isyarat sebagai alat untuk berkomunikasinya.

berikut ini adalah beberapa contoh perilaku yang menunjukkan komunikasi nonverbal diantaranya adalah :
Ø  menunjuk dengan telunjuk untuk menunjukkan perintah akan sesuatu
Ø  tangan memegang kearah kepala menunjukan kepusingan
Ø  teriakkan histeris, mana kala seseorang sedang mengalami frustasi berat karena tidak dapat menyelesaikan tugasnya tepat waktu
Ø  seseorang yang bernafas tidak teratur menunjukkan kelelahan
Ø  menggeretakkan gigi untuk menunjukkan kemarahan
Ø  mengerutkan dahi untuk menunjukkan sedang berfikir keras
Ø  gambar pria/wanita yang dipasang dipintu masuk toilet untuk menunjukkan kamar sesuai dengan jenis kelamin
Ø  berpangku tangan untuk menunjukkan seseorang sedang melamun
Ø  tersenyum dan berjabat tangan dengan orang lain untuk mewujudkan rasa senang, simpati dan penghormatan
Ø  membuang muka untuk menunjukkan sikap tidak senang atau antipati terhadap orang lain
Ø  menggelengkan kepala untuk menunjukkan sikap menolak atau keberanian
Ø  menganggukkan kepala untuk menunjukkan tanda setuju atau ok
Ø  menutup mulut dengan telapak tangan untuk menunjukkan suatu kebohongan
Ø  tangan mengepal untuk menunjukkan penuh percaya diri
Ø  simbol dilarang merokok yang terpasang diruang tamu untuk menunjukkan bahwa tamu dilarang merokok.
Ø  ekspresi wajah yang memerah karena ingin meluapkan kemarahan
Ø  mondar-mandir tanpa tujuan yang pasti karena pikiran sedang kacau
Ø  menutup pintu, menggebrak meja dengan keras menunjukkan kekesalan
Ø  ketika berusaha memanggil temannya yang sedangasyik mengobrol disuatu tempat yang agak jauh , seseorang dapat menggunakan isyarat seperti bertepuk tangan sambil melambaikan tangan.

sumber :


purwanto, djoko.2006. Komunikasi Bisnis, Edisi Ketiga. Jakarta : PT.Erlangga


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN EKONOMI KOPERASI DI INDONESIA

tugas etika bisnis "analisis sektor perdagangan,perhotelan,dan restoran dengan pelanggaran etika bisnis

Penilaian Tentang Mata Kuliah Etika Bisnis